Your search results

Resesi Tak Bisa Dihindari, tapi Pemerintah Bisa Lakukan Ini

Posted by admin on Oktober 4, 2020
0

Indonesia merupakan salah satu negara yang diperkirakan akan memasuki jurang resesi akibat pandemi virus corona (COVID-19). Hal tersebut tidak dapat dihindari karena perekonomian pada triwulan III-2020 belum sepenuhnya pulih.

“Berat lah kalau kita lihat bisa positif di triwulan III-2020, artinya bahwa resesi kemungkinan besar terjadi,” kata Direktur Eksekutif Institute for Development of Economics and Finance (INDEF) Tauhid Ahmad kepada detikcom, Selasa (1/9/2020).

Meski begitu, Tauhid mengatakan, pemerintah dapat memperbaikinya pada triwulan IV 2020 agar bisa keluar dari krisis dengan cara mencegah pertumbuhan ekonomi kembali ke nilai negatif.

“Kalau resesi ini kan sudah sulit dihindari, bagaimana memang di triwulan ke IV-2020 ini jor-joran agar tidak negatif atau positif lah,” ucapnya.

Salah satunya dengan mempercepat realisasi semua bansos yang ada sehingga masyarakat bisa langsung merasakannya.

“Artinya pemerintah mengoptimalkan seluruh bantuan sosial yang ada dengan berbagai modifikasi program seperti bansos untuk UMKM, maupun subsidi gaji untuk pekerja,” tuturnya.

Diusulkan untuk menambah bantuan subsidi gaji (BSU) sebesar 600.000 rupee per bulan untuk karyawan, tidak terbatas pada karyawan yang terdaftar di BPJS Ketenagakerjaan.

“Untuk subsidi pekerja ini diprioritaskan bagi orang yang berpenghasilan rendah maupun pekerja di sektor informal, honorer maupun tenaga-tenaga yang katakanlah selama ini belum diangkat. Saya kira mereka paling gampang untuk jadi konsumsi lebih baik,” tuturnya.

Piter Abdullah, direktur riset di Indonesian Center for Economic Reform (CORE), mengatakan hal senada. Menurutnya, pemerintah harus lebih fokus dalam merespons virus corona sekaligus mempercepat pendampingan kepada masyarakat dan dunia usaha.

“Fokus pemerintah seharusnya adalah penanggulangan bencana dan di waktu yang sama menyelamatkan masyarakat dan dunia usaha dari dampak wabah. Lebih baik pemerintah fokus mempercepat realisasi berbagai program bantuan baik kepada masyarakat maupun kepada dunia usaha,” sarannya.

Leave a Reply

Compare Listings

×

Konsultasi langsung kepada kami melalui Whastapp

× Konsultasi Langsung